Training

Pelatihan First Response Indonesia akan memperlengkapi tim dengan pengalaman yang diperlukan untuk terjun ke daerah bencana, medirikan stasiun radio, dan menyiarkan informasi penting kepada masyarakat yang terkena dampak bencana.

Kursus pelatihan pada awalnya dikembangkan oleh Sumber Daya Kesehatan dan Informasi,  tetapi sekarang disampaikan  oleh pelatih bersertifikasi dari First Response Indonesia. Pelatihan disampaikan melalui 5 hari pelatihan di dalam ruang kelas, yang akan menggabungkan latar belakang pengetahuan tentang radio dan pengalaman menghadapi lingkungan yang unik, terkait aktivitas bencana yang akan sebenarnya dihadapi oleh peserta nantinya.

FRI-Tomohon-1FRI-jogja-4FRI-Padang-4

Peserta dari  bidang penyiaran, LSM, atau yang memiliki latar belakang pemerintahan, akan diajarakan perihal membuat program acara (yang khusus diarahkan untuk bencana), tahapan-tahapan dalam bencana, dan efek yang dialami korban bencana. Mereka akan dilatih dalam mendirikan dan menggunakan peralatan “Radio Koper”, dan diajarkan tentang cara-cara untuk tetap aman selama bertugas di lapangan.

Pelatihan ini cukup praktis dan mudah. Peserta akan diberikan pekerjaan rumah sehari-hari dan tugas, dimana para peserta akan diminta mempraktekan apa yang telah mereka pelajari.

Setelah itu pelatihan akan dilanjutkan dengan uji coba lapangan selama 3 hari, peserta akan dibawa ke suatu daerah yang pernah mengalami bencana. Hal ini dirancang, untuk memberikan para siswa pengalaman semirip mungkin dengan kondisi bencana yang sebenarnya akan dihadapi, dimana mereka akan diminta untuk memproduksi siaran selama 72 jam.